Friday, 2 November 2012

Deretan 'Transfer Gagal' Termahal Premier League

Dalam dunia industri sepak bola, transfer pemain dari satu klub ke klub lain sudah bukan menjadi hal asing. Fasilitas tersebut mengharuskan setiap klub memiliki sosok yang jeli dalam memilih pemain bidikan.

Kegagalan transfer juga bukan hal yang bisa selalu dihindari. Besarnya dana yang dikeluarkan bagi satu orang pemain terkadang tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan. Namun terkadang jumlah yang terlewat mahal juga menimbulkan kekecewaan bagi pihak pendukung klub.

Berikut beberapa nama yang gagal bersinar usai ditransfer dengan harga mahal di Premier League.


10. Adrian Mutu, Parma ke Chelsea, £15.8 Juta

Kedatangan Mutu ke Chelsea pada 2003 menimbulkan optimisme besar dari kalangan pendukung Chelsea kala itu, di mana sangat mudah menemukan replika jersey Chelsea dengan nama Mutu di kota London.
Setelah hanya mampu mencetak enam gol dari 27 pertandingan di musim perdananya, Mutu mulai kehilangan pendukung setelah ia juga gagal melewati tes kesehatan, usai didakwa sebagai pengguna kokain.

9. Romelu Lukaku, Anderlecht ke Chelsea, £18 Juta











Salah satu pemain muda yang akan diinvestasikan oleh Roman Abramovich, Lukaku didatangkan ke Stamford Bridge dengan harga 18 juta poundsterling pada 2011.
Namun saat itu, stok penyerang The Blues masih berisikan sejumlah talenta kelas dunia seperti Didier Drogba. Dengan usia muda, Lukaku masih belum cukup pengalaman untuk menuju skuad utama, dan akhirnya harus puas menjadi penghangat bench.
Di awal musim ini, Lukaku dipinjamkan ke West Bromwich Albion, untuk mempertajam insting penyerangnya.

8. Stewart Downing, Aston Villa ke Liverpool, £20 Juta











Kontribusinya bersama Aston Villa membuat sebagian klub dan manajer terkesan, tak terkecuali Liverpool dengan manajer sekaligus legenda klub, Kenny Dalglish. Sempat menyebar video kehebatan skill, Downing akhirnya berlabuh di Anfield.
Di musim pertamanya memperkuat The Reds, Downing tidak mencetak satu gol mau pun assist di Premier League, sekaligus menjadi pemain pertama yang gagal menyelesaikan penalti penting di Premier League dalam tujuh tahun terakhir.

7. Fernando Torres, Liverpool ke Chelsea, £50 juta











Memecahkan rekor transfer termahal di Premier League dengan nilai 50 juta poundsterling, Torres yang didatangkan dari Liverpool terlihat sangat terbebani dengan bandrol yang dimilikinya.
Di paruh musim pertama bersama The Blues, Torres sudah dianggap sebagai kesalahan transfer terbesar dalam sejarah klub. Akan tetapi di musim selanjutnya, meski belum memperlihatkan peningkatan signifikan, Torres turut membantu Chelsea memenangkan Liga Champions dan Piala FA.
Kini bersama manajer Roberto Di Matteo, striker asal Spanyol itu semakin bersinar, setelah sempat menjadi top skor di ajang Euro 2012 bersama La Furia Roja.

6. Edin Dzeko, Wolfsburg ke Manchester City, £27 Juta










Mengejutkan dunia sepak bola dengan penampilan cemerlang bersama Wolfsburg di Bundesliga, dengan koleksi 59 gol dari 96 pertandingan, membuat klub kaya Manchester City tertarik merekrutnya.
Setelah menandatangani kontrak berdurasi empat tahun sejak 2011, Dzeko terlihat kesulitan mencari kesempatan bermain di skuad Roberto Mancini. Sejumlah pemain hebat di lini depan The Citizens dipercaya menjadi faktor kurang beruntungnya Dzeko di Etihad Stadium.

5. Alberto Aquilani, AS Roma ke Liverpool, £20 Juta









Kehilangan gelandang sekelas Xabi Alonso yang hengkang ke Real Madrid membuat Liverpool cukup kebingungan mencari pengganti, hingga akhirnya pilihan manajer Rafa Benitez jatuh kepada Aquilani, yang gagal sejak awal.
Tipikal bermain yang lebih menyerang, serta kegagalan menyesuaikan diri dinilai menjadi faktor utama dipinjamkannya Aquilani ke Juventus, dan kemudian ke AC Milan.
Setelah sempat kembali di awal musim ini, Aquilani tak juga menemukan kecocokan dengan atmosfer Premier League, dan akhirnya dijual ke Fiorentina.

4. Juan Sebastian Veron, Lazio ke Manchester United,  £28.1 Juta











Veron bergabung ke Old Trafford pada tahun 2001, dengan harga yang bila dibandingkan dengan nilai pemain saat ini bisa mencapai harga 35 juta poundsterling.
Di musim pertamanya, Veron tampak kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain sepak bola Inggris yang cepat. Sementara di musim keduanya, cedera kerap menghampiri gelandang timnas Argentina tersebut.

3. Andriy Shevchenko, AC Milan ke Chelsea, £30 Juta










Sukses bersama AC Milan di Serie A dan Liga Champions membuat Chelsea, yang sedang hangat di pelukan Roman Abramovich, tertarik memboyong Sheva ke Stamford Bridge.
Tawaran sebesar 50 juta pounds sempat ditolak kubu Rossoneri, sehingga Chelsea pun harus menunggu hingga tahun 2006 untuk bisa mendapatkan jasa striker timnas Ukraina.
Sayangnya, Sheva tidak pernah berhasil menyesuaikan gaya permainan sepak bola di Inggris, dengan hanya mencetak sembilan gol dari 46 penampilan bersama The Blues. Dan Abramovich pun membelanjakan banyak uangnya untuk membeli plastik.

2. Robinho, Real Madrid ke Manchester City, £32 Juta










Tampil gemilang bersama Santos membuat Robinho menjadi bintang baru dunia sepak bola di kisaran tahun 2005. Real Madrid pun memboyongnya, dan seketika tampil efektif di Santiago Bernabeu.
Performanya di La Liga membuat The Citizens terpikat. Madrid pun berhasil memanfaatkan pasokan finansial yang diterima City, usai klub mereka dibiayai pengusaha Timur Tengah pada tahun 2008.
Namun tampaknya terjadi kesalahan, ketika penampilan Robinho di Premier League tak kunjung bersinar. Hingga pada 2010 ia akhirnya dilepas ke AC Milan, setelah sempat dipinjamkan kembali ke Santos.

1. Andy Carroll, Newcastle ke Liverpool, £35 juta










Carroll adalah sosok penyerang muda yang diharapkan mampu menjadi ujung tombak masa depan timnas Inggris. Usai tampil gemilang bersama Newcastle, Liverpool meminangnya dengan bandrol yang cukup tinggi, 35 juta poundsterling.
The Reds menyetujui kesepakatan pembelian pada Januari 2011 dengan harga tersebut, disinyalir karena mereka harus segera mencari pemain pengganti Fernando Torres yang diboyong Chelsea dengan harga mahal.
Gelimang uang di Anfield berhasil dimanfaatkan oleh The Magpies, sementara Liverpool mendapatkan seorang pria besar yang kerap kebingungan mencari letak gawang, yang kini dipinjamkan ke West Ham.

Sumber : http://www.bola.net/editorial/deretan-transfer-gagal-termahal-premier-league-1.html

No comments:

Post a Comment