Thursday, 11 October 2012

Daftar Hewan Mantan Cryptid PART 2 (Di sertai Gambar)


Hewan cryptid adalah hewan yang belum diterima oleh sains modern sebagai hewan yang benar-benar ada. Banyak ilmuwan hanya berpendapat bahwa hewan ini hanya cerita rakyat biasa atau dongeng. Namun tidak semua mahluk cryptid ditolak keberadaannya. Kini ada beberapahewan yang awalnya tidak diterima keberadaannya oleh sains modern ternyata benar-nbenar ada dan bukan sekedar khayalan biasa. Di bawah ini adalah beberapa hewan tersebut

1Megamouth (sebangsa hiu) ditemukan di pesisir pantai Hawaii pada 1976
Megamouth adalah hiu yang tinggal di perairan dalam, tidak seperti hiu ganas yang lebih dikenal secara umum, Megamouth ini tidak menyerang manusia. Ia hidup dengan memangsa ikan-ikan yang hidup di lingkungannya. Seperti namanya Megamouth yang berarti mulut yang sangat besar, ikan hiu jenis ini memiliki mulut yang lebar seperti ikan paus.

Megamouth akan membuka mulutnya dan berenang menuju mangsanya, sehingga cara makannya akan tampak seperti mesin penghisap debu alami. Megamouth tidak memiliki gigi-gigi tajam seperti halnya hiu putih atau hiu lembu, itu sebabnya jenis ini tidak berbahaya bagi manusia.

Video Megamouth : 


2Devil Bird ditemukan di Srilangka
Burung iblis atau disebut juga Devil bird.Devil bird merupakan burung hantu yang berasal dari Sri Langka.Burung ini mempunyai badan yang cukup besar,bertanduk dan menakutkan.Oleh masyarakat Sri Langka,Devil bird disebut jg dgn “Ulamma” yang dikategorikan sebagai hewan yang cukup misterius dan jarang terlihat.
Meski keadaannya jarang terlihat,namun kehadiran burung ini dpt ditandai dari suara jeritannya yang konon bisa membuat siapapun yang mendengarnya menjadi merinding.Jeritan dari  Devil Bird disebut-sebut menyerupai suara tangisan wanita.Yang terkadang jeritannya terdengar seperti manusia yang sedang kesakitan.Jeritan tersebut dipercaya masyarakat setempat sebagai pertanda kematian.
Pada tahun 2001 lalu,Devil bird diidentivikasi sebagai species baru burung hantu,dan merupakan burung hantu terbesar dari semua burung hantu yang ada di Sri Langka.

3Ziphius/Cuviers’s beaked Whale

Dalam cerita rakyat Abad Pertengahan, Ziphius, atau "Burung hantu air", adalah makhluk laut yang mengerikan yg dikatakan menyerang kapal-kapal di laut utara. Hewan ini memiliki tubuh ikan dan kepala burung hantu, lengkap dengan mata besar dan paruh yang berbentuk baji. "Ziphius", yang berarti "seperti-pedang" dalam bahasa Latin, bisa merujuk ke sirip binatang itu, yang katanya dapat menembus lambung kapal seperti pedang.

Hari ini, inspirasi untuk Ziphius dikenal sebagai paus berparuh Cuvier, spesies ikan paus berparuh luas. Juga dikenal sebagai paus Goose Ekidna, makhluk ini ditemukan sejauh utara seperi Kepulauan Shetland dan selatan Tierra Del Fuego di ujung Amerika Selatan. Ini adalah satu-satunya anggota genus Ziphius, yang menyandang nama identitas yang legendaris. Beberapa tambahan atribut inspirasi Ziphius ke orca atau hiu putih besar, berdasarkan beberapa penggambaran binatang sebagai predator.

4. Kangguru ditemukan tahun 1770an saat penjelajahan inggris
Penjelajah awal ke Australia menggambarkan makhluk aneh yang belum pernah dilihat oleh orang Eropa. Mereka menulis makhluk dengan kepala seperti rusa yang berdiri tegak seperti pria dan melompat seperti katak. Makhluk-makhluk terkadang memakai dua kepala - satu di bahu mereka, dan satu di perut. Orang tersebut akhirnya diabaikan dan diejek oleh rekan sesama.
Yang akhirnya berubah saat 1770, ketika sebuah spesimen mati dari binatang aneh itu dipamerkan di Inggris sebagai rasa ingin tahu publik. Saat ini, makhluk ini dikenal sebagai kanguru, hewan berkantung endemik meluas ke Australia. Terkenal karena kemampuan mereka melompat dan kantong untuk membawa anak mereka (marsupium), kanguru adalah ikon yang diakui secara nasional di Australia. Empat spesies kanguru yang ada adalah Kangaroo Merah (Macropus Rufus), Abu-abu Kanguru Barat(Macropus giganteus), Abu-abu Kanguru Barat (Macropus fuliginosus), dan Kanguru Antilopine (Macropus antilopinus).

5.Platipus
Ketika naturalis Eropa pertama kali bertemu makhluk aneh, mereka dibuat bingung oleh mahluk ini. Mereka menggambarkannya sebagai berbisa, mamalia bertelur dengan paruh bebek dan ekor berang-berang. Banyak ilmuwan Inggris awalnya terkemuka dan kemudian dianggap tipuan ketika disajikan dengan sketsa dan melempari sketsa itu, pada tahun 1798. Bahkan ketika ditawarkan mayatnya, ilmuwan-ilmuwan menduga bahwa itu adalah penipuan jahitan rumit dengan menggabungkan beberapa mayat hewan.
Saat ini, makhluk aneh tapi menarik ini dikenal sebagai platypus, salah satu dari lima monotremes yang masih ada (mamalia bertelur). Sementara sebelumnya diakui oleh ilmu pengetahuan, hal yang tidak kalah unik hari ini: makhluk semi-akuatik, asli Australia timur, berenang dengan kaki berselaput, menggunakan electrolocation untuk berburu, dan memiliki sebuah taji pergelangan kaki, pada laki-laki, dapat memberikan suntikan racun yang kuat. Sementara yang tidak mematikan bagi manusia, racun ini sangat menyakitkan dan tidak responsif terhadap sebagian besar pembunuh rasa sakit

6.Cumi-cumi raksasa/Kraken

Kisah cumi raksasa telah beredar di seluruh dunia sejak zaman kuno. Aristoteles dan Pliny the Elder mendeskripsikan kedua monster seperti dijelaskan; legenda seperti Lusca (Karibia), Scylla (Yunani Kuno), dan biarawan laut (Eropa Abad Pertengahan) semua menggambarkan makhluk aneh bahari yang berbahaya. Mungkin cumi legendaris paling terkenal adalah Kraken Norse, binatang bertentakel sebesar sebuah pulau yang mengerikan. Sebelum 1870-an, pendapat ilmiah yang diselenggarakan makhluk seperti tidak lebih dari mitos konyol, setara dengan putri duyung atau ular laut.

Meskipun demikian, penyelidikan keberadaan Kraken legendaris terjadi pada awal 1840-an. Denmark zoologi Johan Japetus Streensup metodis meneliti dan katalog penampakan cumi-cumi raksasa dan strandings, akhirnya memeriksa mayat yang terdampar di pantai dan menunjuk nama ilmiah binatang itu: Architeuthis. Meski begitu, temannya yang sesama ilmuwan tetap skeptis dan akhirnya memberhentikan dia.

Pada 1870-an, skeptisisme berhenti setelah bangkai ditemukan beberapa orang yang terdampar di Labrador dan Newfoundland. Tentakel dan mayat-mayat lengkap diwahyukan kepada dunia ilmiah bahwa cumi-cumi raksasa itu memang nyata. Saat ini, makhluk ini tetap sama misterius dan langka. Biasanya hidup di kedalaman besar, cumi-cumi raksasa jarang menampakkan diri dan sering tidak terdokumentasikan. Untuk abad ini, ilmuwan patuh berusaha untuk mengamatinya di habitat alamnya, tapi gagal. Hanya pada tahun 2004 sekelompok ilmuwan Jepang dapat menangkap cumi-cumi raksasa hidup pada kamera, mengambil 500 foto otomatis sebelum makhluk itu berenang kembali ke dalam kegelapan.

Masih banyak pertanyaan mengenai cumi-cumi raksasa. Sangat sedikit yang diketahui tentang kebiasaan dan gaya hidup, dan itu masih belum diketahui seberapa besar cumi-cumi raksasa dapat tumbuh. Spesimen terbesar adalah antara 30 dan 40 meter, beratnya lebih dari 100 pound. Namun, kerabat dekat nya, Colossal Squid, dapat tumbuh sampai ukuran jauh lebih besar, terbukti dengan ukuran tanda pengisap pada paus sperma. Sampai hari ini, cumi-cumi raksasa masih menjadi contoh legendaris bagaimana hewan fantastis di bumi.
7. Ular laut

Selama berabad-abad, Ular Laut bertahan sebagai misteri cryptozoological paling menawan di dunia. Penampakan ini, makhluk misterius, menakutkan dan sering terjadi deras sepanjang sejarah, bahkan sampai awal abad kedua puluh. Dari perairan utara Eropa ke Timur Pantai Amerika Utara, kisah ular, binatang air proporsi kolosal menghiasi dunia. Deskripsi mereka bervariasi, mulai dari kuda berkepala sampai ular besar.

Cryptozoologists berspekulasi bahwa orang-orang salah mengartikannya dengan menjelaskan penampakan ular laut. Namun, salah satu spesies yang sulit dipahami adalah sumber sangat mungkin untuk banyak hewan tersebut. Oarfish (atau ribbonfish) adalah ikan yang besar dan panjang yang ditemukan di seluruh dunia. Ini adalah terpanjang dari semua ikan bertulang, yang terbesar tercatat menjadi 17 meter (56 kaki) panjangnya. Oarfish biasanya tinggal di laut dalam, tetapi kadang-kadang terdampar dalam badai, dan berlama-lama di permukaan sampai hampir mati. Oarfish hidup difilmkan untuk pertama kalinya pada tahun 2001, menunjukkan kelangkaan dan sifat penyendiri.

8.Bondegezou
Bondegezou ("manusia hutan") adalah roh, legendaris leluhur orang Moni di pulau Papua, Indonesia. Digambarkan sebagai makhluk penghuni pohon, Bondegezou menyerupai pria kecil tertutup bulu hitam dan putih. Mereka dikatakan sebagai pemanjat pohon, tetapi sering berdiri di atas tanah dalam sikap bipedal.

Pada 1980-an, foto dari Bondegezou dikirim ke ilmuwan Australia penelitian Tim Flannery, yang awalnya diidentifikasi sebagai makhluk kanguru pohon muda. Tapi pada bulan Mei, 1994, Flannery melakukan survei satwa liar di daerah tersebut dan menemukan bahwa hewan di foto itu baru bagi ilmu pengetahuan. Dingiso (Dendrolagus mbaiso), nama itulah makhluk ini juga dikenal, adalah marsupial yang tinggal di hutan dengan warna tebal yang menghabiskan sebagian besar waktunya di tanah. Dingiso tetap pemandangan yang langka - bukti nyata pertama dari makhluk itu hanya kulit saja, dan sampai hari ini, Dingiso tidak ada di penangkaran.

2. Dokumen Indonesia Misteri Forum







1 comment: